Peresmian dan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Sengonbugel Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.

 

Peresmian Kampung KB secara resmi dibuka dan dihadiri Ka. DP3AP2KB Kabupaten Jepara di wakili Nikmah. SE,MM, Camat Mayong, Muspika, Kepala Instansi Kecamatan Mayong, Kader PPKBD se Kecamatan Mayong, Pokja Kampung KB, Kader Kesehatan, Toga dan Tomas Desa Sengonbugel, Kamis (7-11-2019).

Petinggi Desa Sengonbugel, Noor Hidayah dalam sambutannya. Selamat datang dan mengungkapkan rasa senangnya karena Desa Sengonbugel menjadi sasaran Kampung KB menjadi salah satu program yang strategis dan dibentuk dengan tujuan mensejahterakan masyarakat desa.

Dalam sambutannya, Camat Mayong Rini Patmini, AP mengatakan Dari 18 Desa se Kecamatan Mayong, baru 3 Desa yang memiliki Kampung KB. Kami berharap desa-desa lainnya bisa segera menyusul.
sudah tidak ada lagi kalimat banyak anak banyak rejeki. Justru banyak anak banyak resiko. Hidup itu banyak resiko, oleh sebab itu semuanya harus direncanakan. Mau nikah juga harus direncanakan.
“Umurnya sudah cukup apa belum? Fisiknya sudah siap belum? Pekerjaannya? Kalau sudah nikah direncanakan mau punya anak kapan? Mau punya anak berapa, jaraknya juga harus diatur agar bisa tercukupi gizinya dengan baik,” lanjut Camat.
Itulah, katanya, yang dinamakan berencana biar masyarakatnya sejahteraa. Yang punya anak perempuan, jangan buru-buru dinikahkan, biar mereka dewasa dulu secara fisik dan mental,” ujarnya.

PLKB kabupaten Jepara Nikmah. SE,MM dalam sambutannya menyampaikan Kampung KB merupakan salah satu upaya mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat dalam mengaktualisasikan 8 fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Sasaran Kampung KB adalah penduduk yang tinggal di wilayah miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, kumuh dan kesertaan ber KB yang masih rendah.

Dengan adanya Kampung KB diharapkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan akan meningkat, terutama menyangkut pentingnya pengendalian pembangunan keluarga KKBPK, secara holistik, integrative dan maksimal, kemampuan bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan,lingkungan dan program di sektor lainnya secara sistemik dan sistematis sehingga pada akhirnya upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia pernikahan, pengaturan jarak kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dapat terealisasi
Lebih lanjut Nikmah. SE,MM juga berharap kegiatan Kampung KB atau kampung sehat ini tidak hanya simbolis saja tapi ada tindak lanjut.

Acara ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Camat Mayong Rini Patmini, AP, dan pemotongan pita pada gapura oleh PLKB kabupaten Jepara Nikmah. SE,MM sekaligus meresmikan Kampung KB.

Usai meresmikan dan mencanangkan Kampung KB, melanjutkan peninjauan rumah data, pelayanan KB yang dibuka untuk masyarakat umum serta meninjau kuliner (makanan ringan) dari Stand UPPKS.

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply